Desain dasar blog

Agar lebih mengetahui tentang blog, setiap blogger harus mengetahui desain dasar blog yang dikenal sebagai template atau theme. Mengetahui desain dasar blog akan membuat blogger tertarik untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana sebuah blog dibuat hingga mempunyai bentuk dan tampilan yang sangat beraneka ragam. Mengetahui desain blog akan menuntun kita untuk mampu memaksimalkan setiap kode penyusun blog, kemampuan yang pada akhirnya akan membuat orang dapat melakukan berbagai perubahan desain agar blog ditampilkan lebih menarik dan kode penyusun blog juga dapat dipergunakan secara tepat dan efektif.

Kode dasar penyusun blog/web

Kode dasar penyusun blog terdiri atas 3 (tiga) kode utama, berupa 3 (tiga) buah tag yang selalu mengiringi tersusunnya sebuah blog/web :
  • Tag pembuka html (<html>) dan penutupnya (</html>) .
  • Tag pembuka head (<head>)dan penutupnya (</head>)
  • Tag pembuka body (<body>) dan penutupnya (</body>).
Kode html dalam bentuk tag ini tersusun dalam bentuk seperti di bawah ini:
<html>
<head>

</head>
<body>

</body>
</html>

Kode html desain dasar blog/web secara umum

<!DOCTYPE html>
<html>
<title>Title here</title>
<head>
<script type="text/javascript">
Javascript di sini!
</script>
<style type="text/css">
Kode css di sini!
</style>
</head>
<body>
xHTML di dini!
</body>
</html>

Keterangan:

  1. Kode css dan javascript secara umum lebih banyak ditempatkan di antara tag pembuka dan penutup head, meskipun demikian pada beberapa kasus kode css dan javascript juga bisa diletakkan/disimpan diantara tag pembuka dan penutup body.
  2. Setiap tag selalu mempunyai tag pembuka dan tag penutup kecuali br yang dituliskan sebagai <br/> atau <br> serta tag hr yang dituliskan sebagai <hr/>.
  3. Jika diandaikan sebagai sebuah rumah, maka xHTML adalah kerangka rumah sedangkan kode css adalah bagian yang berfungsi untuk membentuk agar rumah terlihat indah, tertata rapi sekaligus mengatur setiap jengkal rumah menjadi bagian yang dapat berfungsi secara sempurna.

Di bawah ini adalah contoh desain dasar yang paling sederhana dari sebuah blog/template 2 (dua) kolom.

Please click the button to display. Continue with editing code and click to see the results!

1 komentar:

My ProfileC l o s e

FollowerC l o s e