Apakah yang dimaksud dengan blog atau web?

Memiliki blog atau web menjadi sebuah trend baru dikalangan pelajar, artis, mahasiswa dan banyak pengguna internet lainnya seperti pebisnis, pedagang atau bisa saja petani. Apapun bisa kita lakukan melalui web/blog. Anda bisa menulis artikel, membuat sebuah pengumuman (sekolah, universitas, yayasan dll), membuat sebuah polling atau bahkan juga berbagai aktifitas bisnis atau jual beli (bisnis/jual beli online).

Pengantar

Kemajuan dalam bidang elektronika khususnya digital berjalan dengan sangat cepat. Perkembangan tak lagi dihitung dalam jangka waktu bulan atau bahkan tahun. Kini, setiap detik selalu ada sebuah perkembangan baru yang sebelumnya sama sekali tak terbayangkan. Sebagai contoh adalah kemajuan dalam bidang telekomunikasi, khususnya HP. Jika beberapa tahun yang lalu anda hanya dapat menjumpai HP dalam ukuran jumbo (sebesar radio portable seukuran tas tangan), pada era sekarang bentuk dan ukuran HP bisa hanya sebesar sepertiga telapak tangan orang dewasa dengan tebal hanya beberapa milimeter.
Kemajuan dalam bidang elektronika dan telekomunikasi juga membawa pengaruh luarbiasa di bidang media. Orang tak lagi harus membaca koran atau tabloid dengan meluangkan waktu duduk diruang tamu, ruang santai, teras rumah atau taman dengan menenteng beberapa lembar kertas berukuran lebar karena kini semua bisa dibaca melalui web/website. Koran online, tabloid online atau bahkan hingga TV online kini dapat dinikmati dengan hanya membuka internet. Anda bisa lakukan semua itu sambil bekerja, naik mobil, berkemah atau mungkin saja be'ol di WC. Jika anda punya HP yang dilengkapi dengan fasilitas internet, maka anda tinggal online dan nikmati semua dengan santai tanpa perlu menenteng kertas lebar berlembar-lembar. Jika ingin dalam ukuran yang lebih lebar/besar anda bisa manfaatkan laptop atau notebook.

Mengenal Website/Web atau blog

Website/web/blog adalah sebuah media dalam dunia internet yang dibangun melalui kode html yang terdiri dari kode css, xHTML, javascript serta beberapa elemen kode html yang lain seperti php. Kode html ini membentuk sebuah atau beberapa buah, bahkan dalam jumlah tak terbatas "halaman yang saling berhubungan" yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dan berinteraksi dengan pengunjung. Pemilik web disebut sebagai blogger dan menjadi pemilik sekaligus pengelola blog/web. Blog atau web bisa menjadi milik perseorangan atau korporasi. Aktifitas pemilik/blogger dalam blog/web disebut sebagai blogging, sedang blogging sendiri pada dasarnya merupakan aktifitas blogger untuk membuat dan menerbitkan posting yang melibatkan teks, image dan berbagai media lain seperti misalnya video.
Website atau web adalah sebuah istilah yang sama, yang membedakan hanyalah tulisannya saja. Web dan blog sebenarnya juga tak jauh berbeda. Jika blog umumnya dibuat berdasarkan layanan gratis yang diberikan oleh sebuah situs tertentu (seperti blogger, blogdetik atau wordpress) maka untuk web lebih banyak merupakan layanan berbayar dimana penggunanya lebih banyak mempunyai kebebasan dalam mengelola web, baik nama, alamat atau fasilitas lainnya (meskipun tak banyak, ada juga situs yang memberi layanan gratis pembuatan website atau blog dengan fasilitas yang hampir tak terbatas).
Jika anda tertarik untuk membuat blog, anda bisa melakukan pendaftaran di sini:
  1. blogger
  2. blogdetik
  3. wordpress

Posting Blog

Memiliki sebuah blog/web membuat orang wajib untuk melakukan posting. Posting adalah istilah yang hanya dikenal dalam dunia blog atau web yang sebenarnya tak berbeda dengan membuat dan menerbitkan artikel. Materi yang anda postingkan tak dibatasi, sehingga lebih bebas untuk menentukan materi posting sesuai dengan kemampuan dan bidang yang dikuasai. Jika di koran, majalah atau tabloid dan media yang lain sebuah artikel yang diterbitkan harus melalui proses seleksi hingga editing, untuk posting di blog atau web semua menjadi tak berlaku karena anda sendirilah sipembuat artikel, tukang editnya sekaligus penerbitnya. Membuat blog atau memiliki blog adalah sebuah kesempatan dan peluang yang baik bagi semua orang, terutama generasi muda dan pelajar untuk mengembangkan kemampuan diri, terutama menulis dan menggali dan mengasah kemampuan berpikir dan berkreasi.

Please click the button to display. Continue with editing code and click to see the results!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My ProfileC l o s e

FollowerC l o s e