CSS Background

CSS background berfungsi untuk membuat efek background pada sebuah elemen, dimana background dapat berupa background color (warna) ataupun background image (gambar). Property background color dan background image ini masih dapat diatur dengan beberapa background property lainnya sehingga sehingga background dapat dibentuk atau diatur sesuai keinginan.

CSS Background Property

Klik link di bawah ini untuk mengetahui bagaimana setiap background property bekerja. Setiap link memuat tutorial secara lengkap berikut demo.
  1. background-color-property
  2. background-image-property
  3. background-repeat-property
  4. background-position-property
  5. background-attachment-property
  6. background-size-property
  7. background-clip-property
  8. background-origin-property
Background color
Background color merupakan efek background yang paling sering digunakan. Disamping tersedia dalam berbagai aneka warna dan beberapa pilihan model warna, penggunaan background color merupakan efek background yang paling mudah digunakan, tak membebani blog serta pada saat ini efek penggunaan background color sudah mengalami kemajuan yang luar biasa pesat sehingga pada beberapa hal mampu menggantikan fungsi background image.
Background Image
Background Image memang mampu memberi keindahan tersendiri yang sangat sulit ditandingi oleh penggunaan background color karena berbagai bentuk, macam, dan jenis image dapat dijadikan sebagai background. Anda dapat menggunakan file image berekstensi .jpg/.jpeg, .gif atau .png. Pengaturan beban dan ukuran penggunaan image sebagai background merupakan satu faktor penting yang harus diperhatikan agar beban loading blog tetap terjaga dengan baik.
Background Repeat
Property background-repeat berfungsi untuk mengatur efek pengulangan background.
  • repeat-x : untuk pengulangan background secara horizontal.
  • repeat-y : untuk pengulangan background secara vertical.
  • repeat : untuk pengulangan background secara horizontal dan vertical.
  • no-repeat : tak dilakukan/terjadi pengulangan background.
Background Attachment
Background attachment berfungsi untuk membuat background fixed position. Background bersifat static dan akan selalu terlihat dihalaman blogsekalipun halaman digulung ke atas atau ke bawah. Background biasanya menggunakan image dengan ukuran sebesar lebar body dan setinggi halaman monitor.
Background position
Background position property berfungsi untuk mengatur posisi background dalam sebuah elemen/bidang/ruang blog. Nilai yang dipergunakan dpat berupa top, right, left dan bottom atau dalam satuan ukuran px, em dan persen (%). Untuk mengetahu lebih jauh tentang background property anda bisa klik pada link setiap background property di atas!

1 komentar:

My ProfileC l o s e

FollowerC l o s e